Selamat membaca
Jenis Kategori Dalam Fotografi
semoga bermanfaat

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Tentang Saya

judul widget leftbar

Popular Posts

Taufik Batubara Photography. Diberdayakan oleh Blogger.

Jenis Kategori Dalam Fotografi

THE ORGANIZER

Taufik Batubara

"Menjadikan Moment anda Begitu Berharga"

Jenis Kategori Dalam Fotografi

Dengan berkembangnya teknologi dan digital dalam hal dunia fotografi, dan adanya digitlisasi pada kamera, maka setiap orang bisa dengan mudah mengabadikan berbagai momen ke dalam bentuk foto. Tidak perlu lama lagi menunggu, mencuci cetak hasil foto, karena kita tinggal mengambil foto secara otomatis dan melihat hasilnya melalui layar kamera.

Fotografi sekarang ini memiliki beragam jenis aliran, mulai dari yang amatir sampai dengan profesional memiliki gaya dan karakteristik masing masing. Fotografer profesional mungkin lebih kepada foto journalism.

Kategori dalam fotografi memang banyak dan beragam dari mulai komposisi artistik, cahaya, kemiripan, gaya, dan lain lain.

Namun hanya sebagian yang akan dibahas di sini, berikut adalah penjelasan dari beragam aliran dari fotografi :

ABSTRAK

Foto-foto abstrak yang memiliki unsur seni tapi tidak bisa dijabarkan secara jelas obyek yang dikandungnya, dan mengutamakan keindahan komposisi gambar, seperti permainan warna dan bentuk, tekstur, dan elemen-elemen grafis. 
Fotografi abstrak bisa menghasilkan foto-foto yang sangat dramatis. Cenderung mengangkat bentuk, warna, dan lekuk dari pada detil sebuah objek. Kebanyakan fotografer akan mencari detil saat mendapat kesempatan untuk memotret sesuatu. Tapi, dibutuhkan cara pandang yang lain tentang dunia untuk bisa melihat hal-hal yang abstrak di sekeliling kita.

Contoh Foto Abstrak


ARSITEKTUR

Fotografi dan arsitektur, dua hal yang berhubungan erat. Fotografi arsitektur mengabadikan subyek-subyek arsitektur dalam bungkus estetika fotografi. Tak hanya menonjolkan subyek arsitektural, tapi juga mengindahkan kaidah-kaidah fotografi. Objek foto yang dibidik dalam katagori fotografi ini adalah keindahan sebuah bangunan yang dibuat oleh hasil tangan manusia, seperti gedung, jembatan, dan arsitektur lainnya

Contoh Foto Arsitektur, foto yang menonjokan karakter 2 bangunan khas


INTERIOR


Kategori interior berisi foto-foto yang diambil di dalam ruangan, baik ruang kecil (kamar/cafe/resto) maupun ruang yang sangat luas (rumah ibadah/bandara/stasiun/mall dsb). Foto interior biasanya diambil dengan lensa wideangle bahkan lensa fisheye tergantung tujuannya.

Contoh Foto Interior



JURNALISTIK

Foto-foto yang diambil untuk merekam sebuah peristiwa penting dalam kehidupan sehari-hari, seperti kecelakaan, bencana alam, kemacetan dan masih banyak lagi disebut juga dengan fotografi jurnalistik. Foto ini biasanya digunakan untuk kebutuhan berita.
Walau masih amatir,. Tapi bisa masuk ke bidang ini tanpa pelatihan formal , Foto jornalistik sering terbatas pada profesional . Salah satu alasan foto jurnalistik umumnya dilakukan oleh para profesional adalah bahwa jurnalis foto yang serius harus yakin bahwa dalam mengambil gambar  mereka mempertahankan integritas adegan asli .
Foto jurnalistik membutuhkan fotografer untuk mengambil gambar hanya fakta , tidak ada perubahan atau hiasan pada foto. Gambar foto jurnalistik adalah gambar kuat yang melibatkan pemirsa dengan berita . untuk mengetahui bagaimana untuk mengambil gambar tersebut dengan menangkap emosi asli, maka sering belajar dengan melalui praktek dan pengalaman . 

Contoh Foto Jurnalistik, dimana foto ini menceritakan orang yang sedang berusaha memadamkan api


LANDSCAPE

Pengertian sederhana dari foto landscape atau landscape Fotografi adalah foto yang menyajikan pemandangan alam atau dengan kata lain adalah rekaman keindahan pemandangan alam, tetapi juga banyak fotografer yang mengkombinasikan alam dengan hewan, manusia, dan yang lainnya, akan tetapi mereka lebih fokus pada alamnya.
Dan biasanya foto yang diambil lebih menonjolkan pemandangan alam dengan unsur-unsur utamanya dari alam berupa unsur-unsur tak hidup seperti tanah, air, langit atau kombinasi ketiganya.
 
Contoh Foto Landscape, lebih menonjolkan pemandangan alam dengan langit dan awan
MAKRO

Jenis kategori makro lebih menonjolkan detail yang tajam. Biasanya foto yang diambil dari jarak dekat, sehingga detail dari benda kecil yang tidak terlihat mata busa di lihat di foto.
Dan foto yang diambil membingkai sebuah objek dengan pembesaran 1;2 atau 1;1, seperti serangga, tetes embun, kelopak bunga, dan lain sebagainya.


Contoh Foto Makro, detail mata dari serangga tersebut bisa terlihat


STREET PHOTOGRAPHY

Kategori ini melibatkan obyek yang didokumentasikan di area publik, bila obyeknya adalah manusia maka umumnya diambil secara candid. Street Photography biasa di sebut Human Interest, dimana kategori foto yang menampilkan objek foto berupa manusia, baik secara individual maupun kelompok dan lebih menonjolkan pada ekspresi dari objek tersebut.
Foto yang berisikan aktivitas sekumpulan orang sehingga memiliki unsur fotografi yang menarik. Misalnya kegiatan budaya, atraksi wisata dsb.

Contoh Foto HI, foto yang menggambarkan kesabaran pedagang menunggu barang dagangannya

NIGHT PHOTOGRAPHY


Foto yang masuk di kelompok ini mengacu pada foto yang diambil di luar ruangan antara senja dan fajar . Fotografer malam umumnya memiliki pilihan antara menggunakan cahaya buatan atau menggunakan eksposur panjang.
Dengan kemajuan film kecepatan tinggi, sensitivitas tinggi sensor gambar digital, lensa wide - aperture, dan kekuatan yang semakin besar dengan lampu perkotaan, Night Photography semakin mungkin menggunakan cahaya yang tersedia.
Dengan memilih waktu saat malam, sehingga kejelian memilih sumber cahaya yang tepat sangat diperlukan supaya foto Night Photography menjadi menarik, misal memakai flash, ambience light atau perpaduan keduanya
 
Contoh Foto Night Photography, mengandalkan pencahayaan dari kota bisa menghasilkan gambar yang indah

FASHION


Foto-foto busana yang dirancang khusus dan dikenakan oleh model foto, bisa berupa foto di catwalk, studio atau lokasi khusus, dan berbeda dengan kategori Model yang tidak menonjolkan unsur-unsur detil busana.

Foto fashion adalah hasil foto yang menampilkan situasi fashion, baik yang pakaian, aksesoris, maupun hal lain yang digunakan oleh model. Foto ini diambil secara khusus dengan menggunakan model, atau bisa juga ditampilkan dalam bentuk peragaan busana yang dilakukan di ruangan terbuka ataupun tertutup. Foto dengan kategori ini bisa juga menjadi sebuah foto komersil.

Contoh Foto Fashion

Dan masih banyak jenis - jenis ketogori lain nya yang belum di ulas.


Dari semua kategori yang ada, itu semua tergantung dari pemikiran dan improvisasi dari fotografer itu sendiri, karena fotografer yang mencipkatan karya, yang lain hanya penikmat foto tersebut……



Untuk selanjutnya, keluarkan kamera  dan mulailah foto…



Taufik Batubara Photography 





DATA DARI BERBAGAI SUMBER

0 komentar

Silahkan Beri Komentar Saudara...